Ruellia Caroliniana

Bunga ini bernama Ruellia Caroliniana. Bunga ini tumbuh di semak semak ataupun di pinggir pinggir lahan. Bunga ini menarik, dan indah dipandang. Bunga ini memiliki warna ungu. Bunga ini mulai mekar pada pagi hari. Sayangnya, bunga ini tidak lama bertahan, hanya 6 jam saja, lalu bunga akan rontok.

Kuncup bunga berwarna putih dengan ujung ungu. Tinggi tanaman sekitar 40 cm sampai 60 cm. Warna daun hijau dan bertulang daun menyirip. Setelah bunga mekar, akan terjadi penyerbukan pada putik oleh benang sari. Setelah terjadi penyerbukan, terjadi pembuahan dan membentuk buah. Buah berbentuk seperti biji padi, hanya saja panjangnya mencapai 2 cm. Buah muda berwarna hijau. Lama kelamaan buah akan tua dan akhirnya kering. Buah yang telah kering akan pecah dan biji akan tersebar di bawahnya. Biji berwarna putih kusam. Bijinya seperti biji cabai atau biji terong. Biji yang tersebar akan tumbuh membentuk tanaman baru.

Tunas tanaman berwarna hijau muda berdaun kecil, serta batangnya masih berbulu putih. Lama kelamaan bulu akan hilang dan bertumbuh tinggi, dan berbunga setelah tanaman tumbuh sekitar 2 sampai 3 minggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: