Burung Emprit (Bondol Jawa)

Bondol Jawa
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Passeriformes
Famili : Estrildidae
Genus : Lonchura
Spesies : Leucogastroides

Nama Ilmiah : Lonchura Leucogastroides

Bondol Jawa merupakan sejenis burung kecil yang memakan padi dan biji-bijian. Biasanya burung ini berkelompok untuk mencari makanan. Di Jawa, burung ini tersebar banyak. Sesuai dengan suara khas yang dihasilkan oleh burung ini, maka orang menyebut juga emprit atau pipit bondol. Dalam bahasa Inggris, burung ini disebut Javan Munia.

Burung ini memiliki panjang sekitar 11 cm. Burung ini memiliki warna coklat tua pada bagian punggung, sayap, kepala, dan ekor, warna putih kusam pada bagian perut. Mata berwarna hitam polos, paruh bagian atas berwarna hitam, dan paruh bagian bawah berwarna putih. Burung ini memiliki kaki yang berwarna abu-abu. Jumlah kaki ada dua, serta tiap kaki memiliki empat jari. Jari yang satu ada di belakang, yang ketiganya ada di depan.

Burung ini terdapat banyak pada perkebunan atau sawah, yang ingin memakan biji-bijian. Maka dari itu, burung ini disebut sebagai hama bagi petani, karena memakan padi yang sudah merunduk. Burung ini memiliki sarang yang terletak tersembunyi di pohon yang tingginya sekitar 2 sampai 10 meter. Sarang terbuat dari rumput-rumputan yang kering, yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi seperti mangkuk.

Bondol jawa per tahun dapat menghasilkan telur sekitar 4 sampai 5 butir. Telur berwarna putih dan berukuran kecil, 1,4 cm kali 1 cm. Membutuhkan waktu satu minggu sampai sepuluh hari untuk menetaskan telurnya. setelah menetas, anak bondol jawa berbunyi seperti induknya, tetapi suaranya halus. Ibunya akan memberi makan setiap hari sampai tumbuh agak besar, baru dilepas untuk mencari makan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: